Saturday, August 15, 2009

kata untuk kemerdekaan

bendera lusuh

“lusuhnya kain bendera di halaman rumah kita

bukan satu alasan untuk kita tinggalkan

banyaknya persoalan yang datang tak
kenal kasian

menyerang dalam gelap

kata diatas diambil dari lirik lagu iwan fals yang berjudul sumbang. Lagu tersebut memang sudah lama, tapi isi sayairnya masih menggambarkan keadaan kita sekarang.

Kita sudah 62 tahun merdeka. Tapi masih banyak yang lupa kalau kita telah merdeka selama itu. Dari 8 mahasiswa yang saya tanya hanya 2 mahasiswa yang tahu bahwa tanggal 17 agustus 2007 adalah HUT RI ke 62. Itu menunjukan kalau kita kurang perhatian pada bangsa kita sendiri. Apakah itu terjadi akibat warna bendera kita yang lusuh seperti yang dikatakan oleh iwan fals???

Saya memaklumi hal itu terjadi, mungkin karena persoalan disekitar kita yang memang membuat kita lupa diamana kita berada. Ada sebagian dari kita yang menganggap belum merdeka karena kemerdekaan yang merupakan hak segala bangsa seperti yang ditulis dalam pembukaan UUD belum sepenuhnya tercapai. Kita masih dijajah dalam segi ekonomi dan itu masih benar-benar terasa sampai saat ini. Kita masih dijajah dalam segi teknologi.

Kita harus menjadi bangsa yang mandiri dan bermartabat dan itulah cita-cita kita sejak lama. Dan kapan kita bisa bersama mewujudkannya?


-source: from some blog which i forgot to copy his/her url zzz-

but i love this one. ♥

No comments: